Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya Aloe vera

Tanaman lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang sangat bermanfaat. Lidah buaya banyak digunaka sebagai tanaman obat untuk rambut dan luka. Jadi tidak heran jika kita dapat menemukan tanaman ini ditanam di dalam pot depan rumah. Tanaman Lidah Buaya memiki nama latin Aloe vera yang hingga saat ini menjadi bahan baku utama produk kecantikan terutama shampo.

Klasifikasi Lidah Buaya

Kingdom    : Plantae (Tumbuhan)
Divisi         : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas         : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Ordo          : Asparagales
Famili        : Asphodelaceae
Genus       : Aloe
Spesies     : Aloe vera L.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya Aloe vera
Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Batang
Batang tanaman lidah buaya berserat atau berkayu. Pada umumnya sangat pendek dan hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Namun, ada juga beberapa species yang berbentuk pohon dengan ketinggian 3-5m. Species ini dapat dijumpai di gurun Afrika Utara dan Amerika. Melalui batang ini akan tumbuh tunas yang akan menjadi anakan (cara tanaman lidah buaya berkembang biak)

Daun
Seperti halnya tanaman berkeping satu lainya, daun lidah buaya berbentuk tombak dengan helaian memanjang. Daunnya berdaging tebal tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin dipermukaan; serta bersifat sukulen, yakni mengandung air, getah, atau lendir yang mendominasi daun. Bagian atas daun rata dan bagian bawahnya membulat (cembung). Di daun lidah buaya muda dan anak (sucker) terdapat bercak berwarna hijau pucat sampai putih. Bercak ini akan hilang saat lidah buaya dewasa. Namuntidak demikian halnya dengan tanaman lidah buaya jenis kecil atau lokal. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor genetiknya. Sepanjang tepi daun berjajar gerigi atau duri yang tumpul dan tidak berwarna.

Bunga
Bunga lidah buaya berbentuk terompet atau tabung kecil sepanjang 2-3cm, berwarna kuning sampai orange, tersusun sedikit berjungkai melingkari ujung tangkai yang menjulang keatas sepanjang sekitar 50-100cm.

Akar

Lidah buaya mempunyai sistem perakaran yang sangat pendek dengan akar serabut yang panjangnya bisa mencapai 30-40cm.

sekian mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya Aloe vera 

Subscribe to receive free email updates: