Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Putri Malu Mimosa pudica

Putri malu atau dengan nama latin Mimosa pudica adalah sejenis tumbuhan rumput yang dapat dijumpai di semak-semak . tanaman ini dinamakan putri malu karena jika daunnya dipegang maka daunnya itu akan mengatup jadi istilahnya "malu jika dipegang". Daunnya yang layu hanya bersifat sementara, setelah beberapa menit daunnya akan terbuka kembali. Daun Putri Malu sangat sensitif terhadap rangsangan.

Klasifikasi Tanaman Putri Malu

Kerajaan  : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo         : Fabales
Famili       : Fabaceae
Genus      : Mimosa

Spesies    : Mimosa pudica

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Putri Malu Mimosa pudica

Morfologi Tanaman Putri Malu

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri dimana terdapat duri pada batang, batangnya juga berbulu, daunnya kecil-kecil termasuk daun majemuk, termasuk suku polong-polongan, bunganya berbentuk bongkol. Daun putri malu atau sikejut berupa daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun pada setiap sirip sekitar 5 - 26 pasang. Helaian anak daun berbentuk memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal memundar, tepi rata. Jika kita raba pada permukaan atas dan bawah daun terasa licin, panjang 6 - 16 mm, lebar 1-3 mm. daun berwarna hijau, akan tetapi pada tepi daun umumnya berwarna ungu. Jika daun tersentuh akan melipatkan diri, menyirip rangkap. Sirip terkumpul rapat dengan panjang 4-5,5 cm.

Tumbuhan putri malu juga memiliki khasiat untuk pengobatan Tanaman putri malu mempunyai khasiat cukup besar untuk menyembuhkan, berbagai jenis penyakit. Dari daun hingga ke akarnya, tanaman ini berkhasiat untuk transquilizer (penenang), ekspektoran (peluruh dahak), diuretic (peluruh air seni), antitusif (antibatuk), antipiretik (penurun panas), dan antiradang.

Bagian tanaman putri malu yang berguna untuk mencegah terjadinya erosi adalah terletak pada akarnya. Putri malu memiliki akar yang sangat kuat yaitu akar pena. Akarnya yang kuat itulah yang dapat menahan tanah dari bahaya erosi atau terkikis habisnya tanah oleh air hujan yang turun dengan deras sehingga dapat menbahayakan lingkungan bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

sekian mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Putri Malu Mimosa pudica.

Subscribe to receive free email updates: